17 November 2009

usaha potong rambut salon pria

LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA BABERHOP PLUS

1. Dalam abad gaya hidup seperti ekarang ini, penampilan adalah segalanya. Banyak para eksekutif muda yang umumnya mereka enantiasa menjaga penampilan dan pembawaannya.

2. Saat ini terdapat istilah cowok metroseksual, maksudnya tidak hanya wanita yang senang ke salon, sekarang pun banya para pria yang suka mengganti model rambutnya, cuci muka, kuku, bahkan membeli kosmetik khusus untuk pria di salon-salon khusus pria

KUNCI SUKSES USAHA BABERHOP PLUS

1. Tempat yang strategis di daerah kampus, sekolah, dan pusat pembelajaan.

2. Tempat yang nyaman dan bersih

3. Pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan.

4. Tempat usaha di desain sedemikian rupa, unik, dan menarik pelanggan untuk singgah dan tidak canggung untuk masuk ke salon.

5. Harga terjangkau.

LAYANAN ATAU PAKET TAMBAHAN YANG PERLU DISEDIAKAN DALAM USAHA BABERHOP PLUS

 Layanan pemberian minuman atau snack ringan pada saat konsumen menggunakan layanan barbershop plus.

 Layanan konsultasi gratis mengenai perawatan dan kesehatan rambut

 Layanan penjualan kosmetik atau obat-obatan perawatan rambut yang dapat dibawa pulang.

 Layanan consumer member

Dengan member ini konsumen akan mendapatkan informasi terkini mengenai seputar trend rambut yang sedang booming, pelayanan terbaru, dan perawatan rambut lainnya.

USAHA BARBERSHOP PLUS

Yang menjadikan Barbershop Plus ini spesial ialah penampilan kebersihan ruangan, kenyamanan konsumen, pelayanan yang ramah dan khas, harga jual jasa yang murah dengan kualitas baik, dan disediakan konsultasi gratis mengenai perawatan dan kesehatan rambut, kulit, maupun wajah.

Peralatan-peralatan standar usaha Barbershop Plus adalah sebagai berikut ;

1. Item-item promosi

- 1 unit spanduk

- 1 rim brosur (ukuran 0.5 folio)

- cutting striker kaca depan ruang usaha barbershop plus (disesuaikan dengan kebutuhan)

2. Item-item perlengkapan untuk pangkas rambut

- 3 unit kursi pangkas

- 3 unit kaca dan meja berlaci

- 1 unit lampu pangakas

- 3 set peralatan cukur (handuk, clipper, kap potong, sikat rambut, sisir potong, semprotan air, sisir vidal, kuas muka, gunting pendek, gunting zig zag)

3. Seragam untuk karyawan

4. Pin untuk karyawan

LOKASI & RUANG

1. Letak Lokasi

Berada di pinggir jalan utama, lingkungan kampus atau sekolah, dan di pusat-pusat perniagaan.

2. Standar Kebutuhan Ruang

Luas ruang minimum : (lebar) 5 m x (panjang) 8 m

Note:

Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.

3. Asumsi kebutuhan ruang:

- Ruang tunggu

- Ruang potong

- Ruang cuci rambut

- Ruang administrasi

LINGKUP KERJA

Lingkup kerja meliputi :

1. Survey :

* - Pemetaan pasar
* - Persaingan
* - Potensi

2. Sistem :

* - Pembukuan sederhana
* - Siklus kerja
* - SOP (Prosedur Standar Operasi)

3. Pelatihan :

* - Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan
* - Pengendalian system
* - Pemasaran
* - Pengamanan & pengendalian usaha

PEDOMAN PELAKSANAAN PEKERJAAN PROYEK

BARBERSHOP PLUS

LANGKAH DASAR

- Penyusunan tim kerja

* - Pimpinan proyek
* - Disain interior
* - Disain graphis
* - Sistem dan keuangan
* - Lapangan / pembelanjaan
* - SDM
* - Pemasaran

- Penyusunan time schedule masing-masing bagian

a. Time schedule perencanaan I

- Gambar layout termasuk pengukuran

- Gambar disain interior

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

b. Time schedule perencanaan II

- Penentuan nama & tagline usaha

- Gambar disain neonbox / billboard

- Gambar disain stand banner

- Gambar disain spanduk atau alat promosi lain

- Rancangan seragam dan perlengkapannya

- Gambar lain yang diperlukan

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

c. Time schedule untuk pengadaan

- Batas waktu renovasi tempat

- Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan

d. Time schedule pelaksanaan

- Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui

- Eksekusi disain graphis yang telah disetujui

- Pembelian dan penyerahan barang

- Rekruitmen pegawai

- Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja

- Pelatihan karyawan

- SOP keseluruhan

- Pra promosi

- Soft opening

- Promosi

- Grand opening

- Pengawasan dan pendampingan

- Penyusunan Anggaran (Budgeting)

Anggaran yang ditetapkan meliputi :

* - Anggaran pemesanan disain
* - Anggaran transportasi dan akomodasi
* - Anggaran pembelian barang

Note: Harus dibuat jadwal pengeluaran dananya sesuai tanggal yang direncanakan

RINCIAN TUGAS

1. BAGIAN DISAIN INTERIOR

* a. Gambar layout
* - Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai
* - Menentukan posisi ruang tunggu
* - Menentukan posisi ruang kasir (meja admin)
* - Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Telp, Radio tape, TV, rak majalah)
* - Menentukan posisi tempat penyimpanan peralatan dan perlengkapan
* - Menentukan instalasi sesuai standar efisiensi dan kerapihan yang meliputi :
* a. Tata lampu
* b. Kelistrikan

Note : Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak. Maksimal ruangan, kenyamanan konsumen dalam memilih produk display, serta dampak terhadap konsumen.

* b. Gambar disain interior
* - Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (kursi pangkas, meja, dan laci,dll).
* - Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar
* - Menentukan ornament-ornamen ruangan yang mendukung.

2. BAGIAN DISAIN GRAPHIS

* a. Gambar disain graphis
* - Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan
* - Menentukan disain logo usaha
* - Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung
* - Menentukan disain billboard / neonsign
* - Menentukan disain seragam dan perlengkapannya

b. Desain kebutuhan administrasi

* - Nota pembayaran
* - Kartu stok barang
* - Petty cash reconciliation
* - Catatan penerimaan kas harian

3. BAGIAN SISTEM DAN KEUANGAN

* - Menentukan prosedur penerimaan konsumen
* - Menentukan prosedur pelaksanaan kerja
* - Menentukan prosedur penerimaan pembayaran
* - Menentukan prosedur komplain konsumen
* - Menentukan prosedur pembelian kembali stock barang
* - Menentukan prosedur perawatan dan penyimpanan produk yang di display
* - Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan
* - Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya

4. BAGIAN PEMBELIAN DAN LAPANGAN

* - Menentukan barang-barang yang menjadi kewajiban perusahaan
* - Menentukan anggaran pembelian barang sesuai kontrak
* - Melakukan pembelian barang-barang
* - Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior
* - Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis
* - Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.

5. BAGIAN SDM

* - Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan
* - Melakukan seleksi pegawai
* - Melakukan pelatihan pemahaman usaha
* - Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan
* - Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction
* - Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM

6. BAGIAN PEMASARAN

* - Menentukan strategi pemasaran pra operasi
* - Menentukan strategi pemasaran operasi
* - Menentukan strategi pemasaran pasca operasi

7. PIMPINAN PROYEK

* - Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan
* - Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan
* - Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan
* - Mengeksekusi komplain tim proyek

STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)

BARBERSHOP PLUS

KETENTUAN KARYAWAN

1. Tukang Potong Rambut

2. Tukang cuci rambut

3. Bagian administrasi merangkap kasir

4. Supervisor (jika diperlukan → dalam kasus ini untuk pembukuan barbershop plus yang lebih dari satu dalam satu daerah domisili

SISTEM KERJA

Dilakukan shift kerja (jika ada) dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol. Jika sistem kerja ditentukan menjadi sistem shift (misal: dua shift), maka perlu diadakan minimal 1 jam untuk dua karyawan tersebut untuk bertemu secara bersamaan, untuk serah terima pekerjaan.

PROSEDUR PENANGANAN PELANGGAN

TAHAP I

Penerimaan Pelanggan

Dilakukan oleh administrasi

1. Konsumen yang datang diterima dengan ramah oleh bagian administrasi (kasir).

2. Penerima pelanggan memperilakan konsumen menunggu diruang yang telah di sediakan, jika harus mengantri. Jika tidak perlu mengantri, konsumen langsung diantar ke tempat pencucian rambut.

3. Sambil menunggu antrian, konsumen dapat diperilakan untuk minum minuman ringan.

4. Jika antrian sudah tidak ada, adnistrasi mempersilakan konsumen untuk menuju ke ruang cuci rambut.

TAHAP II Proses Pencucian Rambut

Dilakukan oleh Tukang cuci rambut

1. Setelah konsumen di persilakan untuk ke ruang pencucian rambut, tukang cuci rambut segera melakukan pencucian rambut.

2. Dilakukan pembilasan dalam melakukan pencucian rambut.

3. Setelah sesuai, rambut di keringkan dengan handuk, dan konumen dipersilakan keruang pemotongan rambut.

TAHAP III

Proses Pemotongan Rambut

Dilakukan oleh Tukang Potong

1. Tukang potong menerima konsumen dengan ramah dan menanyakan akan dipotong model seperti apa.

2. Tukang rambut wajib memberikan majalah atau referensi model atau gaya rambut kepada konsumen, jika konumen membutuhkannya.

3. Jika udah disetujui modelnya, tukang potong langsung mempersiapkan sarana-sartana kerja yang diperlukan.

4. Setelah itu proses pemotongan rambut dilakukan.

5. Tukang potong tetap wajib menanyakan kepada konumen, apakah potongannya sudah berkenan atau belum.

6. Jika belum berkenan, tukang potong merapikan potongan tersebut.

7. Jika proses potong sudah selesai dan disetujui konsumen, maka tukang potong segera membersihkan bekas potong rambut, dan mengeringkan dengan hairdryer atau merapikannya dengan sisir.

8. Setelah selesai, konsumen diperilakan ke kasir untuk melakukan pembayaran.

TAHAP IV

Proses Penerimaan Pembayaran

Dilakukan oleh bagian administrasi (kasir)

1. Konumen yang dating ke kasir dilayani dengan ramah

2. Kasir menyerahkan nota yang sebelumnya telah dibuat.

3. Kasir menerima pembayaran dan memberikan kembaliannya (jika ada)

4. Kasir menyerahkan nota yang telah di stempel “LUNAS” disertai dengan ucapan terima kasih dan menunggu kunjungan selanjutnya.

PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh supervisor atau jika supervisor tidak ada diterima oleh pramuniaga. Ditanggungjawabi oleh semua bagian yang terkait

1. Komplain pengembalian uang pembayaran kurang, segera ditanggapi tanpa alas an apapun dan langsung dicross-check dengan pembukuan. Oleh karena itu sebelum pelanggan pergi, sebaikmya prmuniaga tidak memaukkan uang pembayaran dari konsumen ke laci atau tempat penyimpanan uang. Dan waktu menyerahan uang kembalian, pramuniaga harus memastikan kepada konsumen bahwa uang kembalian yang diserahkan sudah sesuai. Untuk meminimalisir komplain pengembalian uang pembayaran yang kurang, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum meninggalkan Tempat, harap perika uang kembalian anda,Terima Kasih”

2. Komplain Potongan kurang rapi langsung di repon dan dikerjakan pada bagian yang dikomplain dengan sungguh-sungguh, tanpa alasan apapun dan langung dikerjakan.

3. Dalam mengani komplain, diusahakan win-win solution, menghindari kesalahpahaman dengan konsumen dan senantiasa memperlihatkan prinsip customer satisfaction.

PROSEDUR PEMBELIAN KEMBALI STOCK BARANG

Penetapan & Penghitungan

1. Bahan baku pendukung untuk potong dan cuci rambut haru dihitung untuk beban per orang agar dapat ditentukan pengunaan bahan baku dan perkiraan biayanya.

2. Bahan baku hilang atau berkurang tanpa sebab yang jelas menjadi tanggung jawab para karyawan

Pembelanjaan bahan baku

1. Stok bahan baku harus di catat dalam kartu stok agar pengeluaran bahan baku terkontrol.

2. Wajib melakukan pemesanan atau pembelian bahan baku jika stok bahan baku udah pada kondisi isi maksimum 30% minimum 20

sumber

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل



    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

forex analis teknikal kalender

manual kurs valuta conversi