10 Juni 2009

tutorial Membuat rumus hitungan pada microsoft office word 2003

Salam Hangat Semua... Cake

Pengalaman saya (baru kenal) menggunakan Microsoft Office Word 2003 yaitu bingung (confuse) ketika dipertemukan pada keadaan, dimana saya ada tugas sekolah dan harus menulis rumus fisika yang begitu rumit terlihat dan harus masuk dalam ketikan tugas fisika saya. Huff..... Broken Heart yang saat itu tidak ada fungsi rumus tampil disekitar tombol-tombol dalam Microsoft Office Word 2003. Dan sayapun bertanya pada penjaga rental komputer (ketika masih belum punya komputer) Stick out tongue. Alhamdulillah, penjaga tersebut memberitahu bahwa fungsi tersebut belum di-install, dan berikut ini lebih-kurang penjelasan untuk menampilkan fungsi rumus pada Microsoft Office Word 2003 (berbeda dengan Microsoft Office Word 2007 yang fungsi tersebut sudah tampil): Sleep

1. Masuk ke dalam aplikasi Microsoft Office Word 2003, gambar berikut (warna kuning) menunjukkan daerah menu yang dapat menampilkan fungsi command (perintah) yang tidak ditampilkan pada aplikasi office ini. Pada daerah ini, klik kanan pada mouse Anda dan ..
.


2. Setelah klik kanan pada mouse Anda, maka akan tampil menu pop-up seperti berikut. Dan pilih Customize di pilihan paling bawah.


3. Tampilan berikutnya adalah seperti gambar di bawah ini yang secara default (normal/ standar), posisi tab menu berada di tab Toolbars. Maka, posisikan berada pada tab Commands.



4. Pada layar Customize, lihat seperti gambar diatas untuk menentukan perintah (command) yang ingin ditampilkan. Di Data List Categories, pilih saja All Commands. Dan pada Data List Commands, cari perintah (command) yang ingin Anda tampilkan. Disini, saya mencontohkan untuk mencari fungsi perintah yang akan ditampilkan (membuat rumus), yaitu InsertEquation.



5. Jika sudah sesuai seperti gambar diatas, klik tahan dan geser (Click and Drag) ke posisi disamping perintah yang sudah ada (Lihat gambar).



6. Gambar diatas menunjukkan bahwa tombol perintah rumus (baca: Equation) yang sudah ditampilkan, tetapi masih belum ada isinya. Langkah selanjutnya adalah install dengan menekan tombol Yes. (Jangan lupa CD Microsoft Office 2003 yang sudah dimasukkan pada CD-ROM).



7. Gambar diatas menunjukkan proses pencarian dan peng-install-an

.

8. Gambar diatas menunjukkan pencarian dan peng-install-an yang gagal karena tidak ditemukan program PRO11.MSI yang terdapat pada CD Microsoft Office 2003. Jangan menyerah, Pilih tombol Browse untuk membantu pencarian jika kita memang yakin ada CD Microsoft Office 2003 yang telah dimasukkan ke CD ROM Anda.



9. Gambar diatas menunjukkan tampilan fungsi rumus (Equation) pada Microsoft Office Word 2003 yang sedang dicoba.



Mudah-mudahan bermanfaat dan saya tidak memungkiri, bahwa masih banyak saudara kita yang jauh disana, masih belajar seperti saya dan mungkin tidak mengetahui fungsi untuk membuat rumus pada seperti contoh diatas ataupun fungsi-fungsi (perintah/ commands) yang belum diketahui. Time

"Baca doa dan Selamat Bertugas"

Sekian, terima kasih. Travel



[Kehidupan memberikan kita kesempatan untuk menjadi lebih baik dari hari kemarin", AP]sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

forex analis teknikal kalender

manual kurs valuta conversi